Wednesday, February 18, 2015

Perasaan yang campur aduk dan account baru

Terima kasih pada para pembaca yang telah memberitahu saya karya saya tersedia di tempat lain (Google play store, 4shared, website lain). Hari ini saya juga sempat mencari salah satu judul karya saya di internet. Hasilnya... website yang pertama muncul bukan blog ini melainkan website-website lain yang mengambil karya saya dan mempostnya di website mereka. Saya benar-benar terkejut, takjub, tersanjung, bahagia juga sedih. Benar-benar perasaan yang campur aduk.

Saya takjub melihat banyaknya orang yang mempost karya-karya saya. Saya gembira karena ada pembaca yang terus menyebarkan karya saya kepada orang lain. Saya juga tersanjung melihat rating novel saya di Google play store. Saya berterima kasih pada website-website tersebut yang telah membagi karya saya ke kalangan yang lebih luas (blog ini kalah populer dari website-website tersebut). Di saat yang bersamaan saya juga sedih. Dari sekian banyak website yang mengambil karya saya, hanya seorang yang pernah menghubungi saya untuk mempost karya saya di blog mereka (saya tidak tahu alamat blog/website-nya).


Saya tidak mempermasalahkan mereka mengambil karya saya dan membagikannya kepada umum secara gratis. Saya hanya mempermasalahkan ketersediaan karya-karya tersebut di wahana lain tanpa meminta ijin/memberitahu pengarangnya terlebih dahulu. Bahkan beberapa website yang saya lihat tidak menyebut siapa pengarangnya. Penulis yang membagi karyanya secara gratis masih memiliki hak cipta atas karyanya.

Sejujurnya, setelah melihat website-website tersebut, saya sempat berpikir untuk berhenti membagi karya-karya saya di blog ini dan mempublikasikannya sebagai buku. Akan tetapi saya pikir itu tidak ada manfaatnya. Dari awal saya mempublish cerita-cerita dalam kepala saya di blog ini untuk membaginya kepada kalangan umum (a.k.a. para pembaca) dengan gratis. Dikarenakan itu pula saya memutuskan untuk tetap berkarya dalam blog ini. Pada saat yang bersamaan, saya akan menghubungi website-website tersebut/pemilik Google play store yang mempublikasi karya saya/pemilik akun 4shared yang membagi karya saya, dll. Saya tidak akan meminta mereka untuk menghapus karya saya dari wahana mereka. Saya akan meminta mereka untuk menyebutkan siapa pengarang karya-karya tersebut juga menuliskan link ke website asal karya-karya tersebut: Imaginative Wonderland.

Untuk tujuan itu pula hari ini saya membuat akun Google baru - terpisah dari akun pribadi saya. Saya akan menggunakan akun baru ini untuk menghubungi website-website tersebut juga untuk mempost karya-karya baru saya. Saya tidak menlink akun lama saya dengan akun baru ini karena saya ingin para pembaca memfokuskan diri pada karya saya. Keinginan untuk memisahkan kehidupan pribadi saya dan karya-karya saya ini masih tetap utuh dan saya tidak berniat mengubahnya dalam waktu dekat. Saya berharap para pembaca memahami keegoisan saya ini.

Karena itulah para pembaca, Astrella atau Sherls atau Sherls Astrella adalah orang yang sama. Saya telah menjelaskan sebelumnya mengapa saya mengganti nama pena saya dari Astrella ke Sherls. Sekarang saya menggabung keduanya karena Google tidak mengijinkan saya membuat akun baru tanpa nama keluarga. Jadilah, nama pena baru saya adalah Sherls Astrella. Saya juga melink blogger ini dengan Google+ akun ini. Para pembaca bisa menambahkan saya dalam Google+ circle Anda. Saya juga menyambut para pembaca untuk menulis e-mail ke akun ini: sherls.astrella@google.com.


Cheers,
Sherls

24 comments:

  1. Halo, Kak Sherls. Aku termasuk penggemar novel-novel kakak :)

    ini pertama kalinya aku menghubungi kakak. Aku suka semua kisah novel kakak, terutama Gadis Misterius.

    Jujur, aku membaca karya kakak pada saat mencari bahan untuk menulis novel. Di website lain ada yang memajang karya kakak (dalam bentuk pdf), dan tanpa pikir panjang aku langsung mendownloadnya. Kalau tidak salah saat itu masih bulan November tahun lalu bertepatan dengan ulang tahunku. Rasanya senang sekali membaca karya kakak yang mengambil latar zaman pertengahan. Aku tidak pilih-pilih dalam genre novel yang kubaca, namun karya kakak benar-benar menarik dan membuatku membacanya sampai berkali-kali.

    Mengenai tulisan yang kakak buat ini, aku juga merasa sedih, karena aku pernah mengalami hal yang sama. Semoga orang-orang yang mempublikasikan karya kakak tanpa mencantumkan nama kakak bisa mengerti apa yang kakak rasakan :)

    Oh ya, aku juga membuat novel, kak. Aku berharap kakak bisa berkunjung ke website-ku (serenatowonderland.blogspot.com), dan memberikan saran, kritik, sekaligus pendapat kakak tentang karyaku, jika kakak bersedia. Maklum... aku masih pemula dalam bidang tulis-menulis :)

    Aku mengucapkan salam kenal pada kakak. Maaf aku baru mempunyai keberanian untuk menghubungi kakak sekarang.

    By : Yuri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Yuri telah menggemari karya-karya saya. Saya akan menyempatkan diri untuk membaca karya-karya Yuri.

      Soal memberi saran. Hmm... saya mungkin juga kurang cocok untuk hal satu ini. Saya juga seorang novice (pemula) dalam tulis menulis. Namun, saya adalah seorang expert dalam hal berimaginasi. =)

      Salam kenal dan cheers,
      Sherls

      Delete
  2. wah kak, baca ini bikin aq sedih n sebel, padahal buat cerita tuh gk semudah membaca cerita, seharusnya mereka menghargai kakak yg udah buat cerita,,
    jujur pertama kali aq baca novel kakak yg "anugerah bidadari", aq gak tau kalau itu karya kakak cz aq baca bkan di website ini n disitu gk ada nama pengarangnya..
    untung waktu browsing ketemu ama website ini..
    aq yakin banyak yg baca cerita kakak n tidak tahu pengarangnya siapa..
    oy, kakak knp gk coba buat akun di wattpad?
    setidaknya kalau cerita kakak dipublish disana, orang2 yg mau repost karya kakak agak kesulitan soalnya karya yg dipublish gak bisa di copy kecuali mereka mau ngetik ulang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoonder, terima kasih telah memberitahu saya tentang Wattpad. Sepertinya Wattpad hanya mengijinkan pembaca untuk membaca karya-karya dalam Wattpad bila pembaca mempunyai akun Wattpad. Saya juga ragu bila Wattpad juga memiliki novel dalam bahasa Indonesia selain Inggris (mungkin saya cuma melihat novel bahasa Inggris karena saya berada di USA).

      Saya mempublish dalam blog karena para pembaca tidak perlu sign-in untuk membaca karya-karya saya. Saya juga bisa berkomunikasi dengan para pembaca seperti ini. Saya juga bisa memposting chapter demi chapter sesuai progress saya.

      Namun, saya sangat menyukai ide untuk mencegah copy/paste. Saya akan menantang diri saya sendiri untuk menulis program dalam blog ini untuk mencegah pembaca copy/paste karya saya.

      Cheers,
      Sherls

      Delete
    2. di wattpad banyak kok mbk yang novel indonesia tp dsna ternyata banyak juga author kesukaanQ yg juga mengalami hal kyak mbk, malah ada yg gk mau ngelanjutin ceritax gara2 di copas, padahal novelnya bagus..
      N bener juga kata mbk, klo disana tuh butuh akun bagi pembaca,,,

      Oy, buat mbknya makasihh ya, walaupun karyanya di copas tapi masih mau berbagi sama qta2 para pembaca ini.. :-D

      Delete
    3. =)

      Saya berniat membagi imaginasi dalam kepala saya kepada kalangan luas. Walaupun banyak yang mencuri karya saya (minus mereka yang mempublikasi karya saya ke kalangan yang lebih luas dengan menyebut pengarang), saya tetap ingin membagi kisah-kisah yang ada dalam kepala saya.

      Cheers,
      Sherls

      Delete
  3. iya kak aku juga setuju, soalnya beberapa bulan yg lalu ada yg ngepost tulisan kakak dengan mengganti judulnya, ketika aku protes dia malah marah2 untung beberapa pembaca mendukung , sekarang akunnya sudah dihapus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah memprotes untuk saya. Dari karya-karya saya yang dipublikasi di website lain, hanya satu yang saya lihat telah diganti judul Pelarian menjadi Pelarian Alviorita. Saya secara pribadi masih menyukai judul yang saya ambil tapi saya tidak keberatan dengan judul baru yang ia gunakan.

      Oh, website tersebut menyebutkan nama pengarang. Ia juga menyebutkan bila ada pengarang yang keberatan karya mereka dipublikasi di website tersebut, pengarang bisa memprotes. Pemilik website hanya ingin membagi karya-karya penulis Indonesia yang tersedia di internet secara gratis. Ini adalah sebuah tanda bagi saya bahwa sang pemilik website berniat baik. Saya akan menghubungi pemilik website tersebut untuk bekerja sama mempublikasi karya-karya saya ke kalangan yang lebih luas secara gratis. =)

      Cheers,
      Sherls

      Delete
  4. Halo kak...
    Sebenarnya pertama kali aku nemu blog ini aku terkejut campur seneng. Kenapa? karna aku udah baca duluan novel kakak yang judulnya Anugrah Bidadari. Nah novel itu aku dapet dari website lain dalam bentuk pdf. Waktu baca aku langsung suka banget sama ceritanya terus pengen cari novel yang sejenis. Tapi waktu itu di novelnya gak tertera nama pengarangnya jadi aku sempat kecewa. Selang berapa tahun baru sekarang aku ketemu blog kakak dan aku suka banget terutama cerita Aileen...
    Aku gak pande nulis kayak kakak tapi aku penggemar tulisan kakak....
    mungkin masih banyak teman-teman diluar sana yang bernasib kayak aku, suka novel kakak tapi gak tau siapa yang nulis. Jadi aku juga yakin banyak banget diluar sana pengagum tulisan kakak....

    by Ayna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ayna,

      Terima kasih telah berupaya menemukan blog ini. Sherls benar-benar menghargai upaya Ayna untuk menemukan penulis asli Anugerah Bidadari. Saya senang mengetahui Ayna menyukai karya terbaru saya, Aileen. Semoga Ayna juga menyukai trilogi yang akan saya mulai tulis/publikasi setelah Aileen.

      Cheers,
      Sherls

      Delete
  5. Hallo kak.. aku suka sekali dgn karya kaka... klo blh saya minta izin.. memuat cerita kakak di akun wattpad saya.. yg berisi kumpulan novel favorit saya... tanpa mengurangi isi maupun mengubah judulnya.. saya sdh buatkan covernya jg klo kakak setuju.. makasih kak

    ReplyDelete
  6. hai kakkk. aku iseng cari tentang cerita kerajaan yang dikarang orang Indonesia, penasaran aja. terus ketemu satu yang populer banget judulnya "gadis misterius". karena demen, aku cari cari tuh di google pembuatnya siapa (dipdf nya ga tercantum nama pengarang). terus ketemu nama "astrella" akhirnya, terus gak lama ketemu karya "astrella" yang lain judulnya "kisah cinta". aaa yg ini demen deh makin bagus makin menarik dari yang gadis misterius. terus ternyata ada yang lain lagi, dua hari yang lalu aku baru selese baca yang "Anugrah bidadari", ahh makin suka deh sama cerita kakak.
    Terus barusan aku searching2 gitu berharap bisa ketemu twitter atau blog atau akun apa aja yang bisa hubungin sama kakak, supaya bisa ikutin cerita kakak yang selanjutnya. Ternyata ketemu........ ternyata blog ini....
    Seneng banget~!!! sekarang ada tumpuan buat terus update dan baca cerita-cerita kakak. Terus semangat membuat ceritanya ya kak~! Aku suka banget cerita kerajaan fantasy ala kakak!
    *maaf ya kata2nya agak tidak halus, aku ngetik yang muncul di otakku*
    ^^)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahhh maaf kak.... novel pertama yang kubaca bukan gadis misterius... tapi yang "Topeng Sang Putri" ternyata hehehe

      Delete
  7. Hai kak, aku kirim email ke kakak.. semoga dibuka yah. Aku nungguin jawaban kakak.

    sebelumnya aku merasa beruntung banget bisa ketemu blog kakak ini. Aku yg emang pecinta historical romance merasa seneng banget bisa nemu blog dengan isinya yg luar biasa bagus. semangat kak.

    ReplyDelete
  8. akhirnya ketemu blog penulisnya yang asli yaampun seneng aku nyari-nyari pengen baca cerita kakak yang lain,kenapa gak bikin akun wattpad aja sih kak biar lebih mudah bacanya tapi gak buat juga gak papa ding. apapun yang terjadi aku bakal baca cerita kakak. sumpah keren banget feelnya tuh bedah klo yang lain konfliknya diputer2 dulu ampe bosen, punya kakak tuh enggak suka bacanyaa setiap cerita ada manis2nya wkwk aku baru baca ratu pilihan ,kisah cinta, topeng sang putri, gadis misterius favorit ratu pilihan ahh suka lah pokoknya semuanya:) btw semangat nulisnya kak aku menunggu karya2 lainnya:D

    ReplyDelete
  9. Halo kak sharles.... Hmm aku udah baca novel kakak, "kelembutan dalam baja" "gadis misterius" dan baru kelar baca "Pelarian" ya ampun,setelah itu aku langsung meluncur ke google. Dan menuin blog ini. Jujur aku Download PDF nya karya kakaK sekitar 3 tahu lalu. Yah dan kelembutan dalam baja terlebih dulu. Dan aku langsung jatuh cinta. Tapi bodohnya aku, aku baru kepikiran cari informasi ttng kk. Dan aku turut sedih... Dan maaf aku merasa bersalah karena membaca bahkan mungkin lewat curian..tapi yang satu ku tahu. Kakak adalah penulis favorit ku. Aku cinta semua imajinasi kakak. Aku cinta karakter2 yang kakak bangun. Mencintai kesungguhan kakak dalam sebuah cerita. Mengagumi semua loyalitas kakak.cerita yang paling bisa bikin aku keluar dari maslah hidup. Aku baca novel. Kakak sampai berkali2 apapagi Kelembutan dalam baja dan gadis misterius. Entahlah dikedua buku itu, aku bisa melupakan masalah terbesar ku. Terimakasih ka....

    ReplyDelete
  10. Haii kakak! Aku salah satu penggemar novel2 kakak😍 Apakah ada niatan menerbitkan novelnya kak?

    ReplyDelete
  11. Haii kaaakkk... Aku udah lama banget nyari kakak.. maaf baru nemu tahub 2020 hehehe... Aku udah lama banget tahu karya kakak, mungkin ada 8 tahun lalu aku nemu heheh tapi aku kira karya kakak novel terjemahan saking bagusnya, ceritanya, alurnya, karakter, background semuanya pas banget dan gambarin banget kehidupan orang luar kayak yang Ratu pilihan, Kelembutan dalam baja, yang mengambil tema histori al ala2 barat. Dan itu awesome bgt kak, aku sering baca karya terjemahan romance historical tapi kadang aku suka bingung sama istilah dan pengalan2an kata karena hasil terjemahan yang bisa aja beda maknanya. Tapi karya kakak bener bener ngegambarin hal-hal yang seperti novel terjemahan dengan bahasa yang mudah dipahami dan simple. Pokoknya aku suka banget karya kakak. Apa kakak masih menulis? Maaf ya kak, aku lupa nanya, kakak gimana kabarnya? Semoga sehat yaa.. aku berharap akun kakak ini masih aktif dan kakak bisa membaca komentarku ini... Semangat terus kakkk...❤️

    ReplyDelete
  12. Entah kapan mulai membaca karyanya mungkin awal sama atau smp jaman masih blm punya duit dan suka baca novel gratisan.. Dan salah satunyanya adalah karya ka Sherls Astrella bahkan sampai saat ini masih suka baca ulang2... Kerna menurutku mulai dari ide jalan cerita genrenya sampai pengembangan ceritanya nggak membosankan dan pasti entah setiap baca dari part ke partnya selalu degdegan setiap saat karena memang seluruh cerita yang dibuat bener berbeda dari cerita yang kebanyaakan berkembang saat ini, makanya suka sekali sama karya ka Sherls Astrella.. Kalau boleh saran ka buat aplikasi dong khusus pembaca atau penggemar cerita kka.... I

    ReplyDelete
  13. Saya sudah dari dulu menggemari cerita kakak. Namun saya tidak tahu kalau kakak punya blog. Cerita kakak luar biasa. Sampai saya ketagihan. Terima kasih untuk karyanya kak

    ReplyDelete
  14. Hai kk, salam kenal. Saya sudah sering membaca karya kk di aplikasi wattpad, bahkan sering saya ulang baca. Pertama kali saya baca topeng sang putri dan lanjut cari kelembutan dalam baja. Awalnya saya tidak ngeh, kenapa akun yg posting berbeda-beda dan juga nama pengarang berbeda dengan nama akunnya. Saya cari nama akunnya di wattpad tapi tidak ditemukan. Akhirnya saya coba cari siapa sherls astrella di google hingga saya menemukan blog ini. Saya suka dengan cerita-cerita kk dan cara kk membangun karakternya, juga jalan ceritanya. Karena saya tipikal orang yg tidak suka konflik orang ketiga hahaha. Sampai skrang saya belum menemukan karya kk yg memakai konflik orang ketiga, karna memang saya belum membaca semua karya kk. Meski begitu, terimakasih kk sudah membuat karya-karya yg bagus. Semangat terus kk, di nanti karya yg lainnya juga��

    ReplyDelete
  15. Salam...

    Saya sangat menyukai karya2 anda...dan saya ingin bertanya apakah anda menjual cerita2 anda dlm bentuk buku atau pdf?

    Terima ksh atas jawabannya

    ReplyDelete
  16. Halo kk sherls, aku sudah baca semua novel kk, bukan cuman sekali tapi udah berkali". Aku sudah nggak ingat saking sering baca, karena baca Novel sekarang aku jadi gemar membaca novel, kk kapan nerbitin novel baruuu huhuu

    ReplyDelete