Tuesday, October 21, 2014

Di balik "Ratu Pilihan"

Phew... di antara kesibukan saya akhirnya saya selesai mengedit novel terpanjang yang pernah saya tulis: "Ratu Pilihan".

Saya tidak lagi ingat kapan saya menulis karya ini. Mungkin ketika saya masih di SMP atau SMA - masa-masa saya yang paling aktif. Akan tetapi saya masih ingat jelas ide cerita ini berasal dari komik Pansy. Apakah para pembaca pernah membaca komik ini? Saya menyukai sifat Pansy yang riang, baik hati dan tidak terikat oleh peraturan walau ia berdarah biru. Dari sifatnya yang macho inilah saya mendapat ide akan seorang Ratu yang liar dan lahirlah "Ratu Pilihan".


Dengan ditetapkannya sifat pemeran utama, saya mulai mengembangkan cerita. Saya berpikir untuk seorang gadis bangsawan mempunyai tingkah laku sebagai seorang lelaki, maka sang ibu adalah seorang yang acuh atau tomboy pula atau gadis tersebut tumbuh dewasa bersama kumpulan lelaki. Pada akhirnya, saya memilih seorang gadis yang tumbuh tanpa kasih sayang ibu dan dimanjakan oleh ayahnya. Di sinilah saya menciptakan karakter Derrick sebagai teman sepermainan Eleanor yang 'bertanggung jawab' atas keliaran Eleanor. Saya juga menciptakan karakter Ilina, kakak Derrick, sebagai teman sepermainan Eleanor yang 'bertanggung jawab' mencegah keliaran Eleanor melebihi batas.

Nama pemeran utama berarti 'shining light' (cahaya yang bersinar). Nama tersebut cukup tepat untuk karakter pemeran utama yang selalu meramaikan suasana. Akan tetapi, sejujurnya, bukan itu alasan utama saya mengambil nama ini. Alasan utamanya adalah (menurut saya) nama ini cukup macho (??) dan cocok untuk pemeran utama. Hmm... mungkin karena akhiran 'nor' itu. Saya pribadi merasa huruf 'o' dalam nama seorang wanita terdengar macho.

Semoga para pembaca menyukai karya "Ratu Pilihan" saya ini.

PS: Oops, saya lupa mempost kelanjutan Aileen. Sorry~~~ Hari ini saya sudah mempunyai rencana. Besok saya akan mempost kelanjutan novel tersebut. Sabar ya, para pembaca ^_^

Cheers,
Sherls

9 comments:

  1. masih adakah karya yang bertema kerajaan gini lagi ga thor?demen bgt ma cerita satu ini, udah dibaca berkali-kali tapi g bosen.hehehehe

    ReplyDelete
  2. Terima kasih telah menyukai karya saya ini. Ratu Pilihan adalah salah satu karya favorit saya. Bagi saya sifat tomboy Eleanor yang melenceng dari pandangan umum seorang Ratu adalah daya tarik karya ini. 95% karya saya bertema kerajaan atau abad pertengahan. Hingga saat ini hanya satu novel yang tidak bertema kerajaan yakni Aileen. Saat ini saya tidak mempunyai karya lain di mana pemeran wanita utama adalah seorang tomboy. Saya ingin membuat karya lagi di mana pemeran utama melenceng dari norma umum seorang lady. Sayangnya, tidak pada saat ini. Saat ini saya tengah mengerjakan karya lain. Mungkin setelah karya ini dan sebuah karya lain yang terus muncul di kepala saya.
    Sementara itu saya berharap Anda bisa menikmati karya-karya saya yang lain.

    Cheers,
    Sherls

    ReplyDelete
  3. Ratu Pilihan. Quinn n Eleanor... sy suka banget sm keduanya n cerita ini... diantara semuanya ini yg plg favorit... sampe2 aku donlot ceritanya... dibaca berkalikali gak bosan...

    iv

    ReplyDelete
  4. Ukey, ditunggu karya-karya selanjutnya,
    semangat sis

    ReplyDelete
  5. Terima kasih, Ivone Eunike dan Anonymous :)
    Semoga kalian juga menyukai cerita-cerita saya yang lain.

    Cheers,
    Sherls

    ReplyDelete
  6. hai, author (boleh sy panggil kak Sherls aja?) sy suka banget sama novel satu ini. sempat ngira kalo penulis dari novel2 tema kerajaan ini orang luar yg karyanya diterjemahin. nggak nyangka ternyata org indo toh..hehehe... berharap ada cerita lain yg sekeren ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Feeaja,

      Silakan memanggil saya Sherls atau Kak Sherls atau panggilan yang Feeaja suka. Terima kasih telah menyukai karya-karya saya.

      Saya adalah penggemar jaman pertengahan Eropa karena itulah karya-karya saya lebih banyak bertema jaman pertengahan. Saya tidak bisa menjamin nuansa jaman pertengahan dalam karya-karya saya tepat sesuai sejarah. Saya hanya bisa menjamin saya berusaha semampu saya menggunakan pengetahuan yang tersebar di Internet untuk mengadaptasi sejarah dalam karya-karya saya.

      Cheers,
      Sherls

      Delete
  7. nggak tau kenapa, sejak baca ratu pilihan ini aku jadi suka sama novel yang berbau kerajaan. suka deh sama alur ceritanya. sama pemerannya juga. nggak kebayang kalo beneran punya ratu yang tingkahnya kayak eleanor.. hehehe...

    semangat kak, buat nulis novel menarik selanjutnya..

    ReplyDelete
  8. wah....ternyata novel2 yang saya baca adalah karya2nya kak sherls....
    sama ky yg lain adi suka novel2 dg tema kerajaan krn karya2 kakak....
    semangat berkarya!!!

    ReplyDelete